Minggu, 27 November 2011

Kebun Teh Wonosari Lawang


kawasan kebun teh ini terletak di desa Toyomarto Kecamatan Singosari dan Desa Wonorejo Kecamatan Lawang Kabupaten Malang. Objek wisata yang menawarkan suasana pegunungan yang sejuk dan panorama keindahan alam.
Lokasi agrowisata kebun teh Wonosari terletak kurang lebih 30 km arah utara kota Malang, dan dari Kecamatan Lawang tepatnya di kaki Gunung Arjuno. Cukup mudah menuju ke sana. Jika Anda tidak membawa kendaraan pribadi, Anda bisa menggunakan angkutan umum dari kota Malang ke arah Surabaya.Pertengahan jalan atau tepatnya di terminal Lawang, Anda berhenti dan ganti angkutan yang khusus menuju Wonosari. Jalannya cukup bagus, menanjak, dan agak berkelok-kelok. Di terminal, selain ada angkutan khusus ke kawasan tersebut, biasanya ada carteran kendaraan yang bisa kita sewa kalau memang datang satu rombongan. Biasanya tarif yang digunakan sekali jalan hanya Rp 25 ribu.
Memasuki kawasan ini, kesegaran udara sangat terasa sekali. Hanya dengan Rp 8.000/org (Untuk hari biasa) Rp. 11.000/org (Untuk Hari Minggu/Libur) dan Rp. 3000 untuk biaya parkir mobil, Anda sudah bisa masuk dan bebas untuk menikmati kekayaan alam di seluruh kawasan kebun teh ini.
Agrowisata Wonosari merupakan kawasan kebun teh pertama di Jawa Timur yang dikonsep menjadi wisata kebun. Ide ini muncul dari almarhum Ir Drs Soebiarto MM, mantan Direktur Sumber Daya Manusia (SDM) Direksi PTPN XII pada tahun 1998. Kebun teh Wonosari juga merupakan aplikasi dari uji coba Agrowisata Kali Klathak di Banyuwangi, Jawa Timur. Pengelola mengajak wisatawan ke kebun bersejarah itu, untuk mengenali dunia tanaman, khususnya teh. Oleh sebab itu, manajemen membidik komunitas penggemar teh sebagai pangsa pasarnya.
Banyak juga klub klub komunitas Hash House Harrier yang rutin datang untuk melakukan tea walk di kebun teh, dan mereka ini kadang menjadikan kebun teh ini sebagai tempat kegiatan rutin komunitasnya. Selain itu sejumlah sekolah dan universitas di Jawa Timur seringkali mengadakan kegiatan di tempat ini dan juga dijadikan sebagai arena camping dan kegiatan olahraga lainnya. Kadangkala banyak juga pendaki yang melakukan pendakian ke Gunung Arjuno, di sisi barat kebun yang berjarak sekitar 25 kilometer.
Disini juga disediakan fasilitas penginapan yang terjangkau, dengan harga mulai Rp. 160.000 sampai Wisma 6 kamar hanya dengan Rp. 1.400.000.
Untuk informasi dan Reservasi hubungi :
Phone : 0341 - 426032 / 0341 - 9337198
Fax : 0341 - 425123
Website : www.agro-ptpn12.com

Tidak ada komentar: